Sabtu, 05 November 2011

Teknik Sipil : BANGUNAN BENDUNG / PENGELAK

A. Pengertian
            Bangunan pengelak adalah bangunan utama yang benar-benar dibangun didalam air. Bangunan pengelak diperlukan untuk memungkinkan dibelokannya air sungai ke jaringan irigasi dengan jalan menaikkan muka air disungai atau dengan memperlebar pengambilan didasar sungai seperti pada tipe bendung saringan sawah (bottom rock weir).
            Bangunan bendung adalah sebuah ambang yang diletakan melintang diatas dasar sungai supaya permukaan air pada sungai tersebut menjadi lebih tinggi dari tinggi air semula. Tetapi jika muka air sungai sudah cukup tinggi, dapat dipertimbangkan pembuatan pengambilan bebas bangunan yang dapat mengambil air dalam jumlah yang cukup banyak selama waktu pemberian air irigasi tanpa membutuhkan tinggi muka air yang tetap disungai.
            Untuk memperpanjang umur bendung atau yang sering kita sebut dengan pemeliharaan, kita dapat melakukan beberapa tindakan antara lain:
a.   Dengan pemanfaatan terowongan, dibuat dengan ambang alam sehingga tahan terhadap gerusan sedimen dan tinggi muka air minimum masih tetap terjamin.
b.   Dengan membersihkan daerah bangunan dari semua kotoran yang dapat mengganggu aliran air.
c.   Dengan menambal bangunan yang bocor sehingga tidak menimbulkan terusan.
      Untuk pengoperasian bendung diperlukan seorang operator yang bertugas mengoperasikan bendung sekaligus mengatur banyaknya debit alir yang disalurkan dengan arah penyaluran secara tepat, dan juga bertugas merawat bendung dan bangunan pelengkapnya.
      Pada dasarnya pengaturan bendung adalah pengaturan pintu sadap untuk mengalirkan pintu air kesaluran pengairan dan pengaturan pintu penguras pada setiap kali dibutuhkan pengurasan.




B. Fungsi Bendung
            Adapun fungsi dari bendung (weir) antara lain :
    1. Pada debit kecil bendung harus menutup sungai dan menaikan muka air.
    2. Pada debit besar sebagian saja air diambil dan sebagian besar akan melintasi punggung bendung, sehingga bendung seperti ini berfungsi sebagai peluap.

C. Syarat-Syarat Konstruksi Bendung
  1. Bendung harus stabil (terutama terhadap tekanan air),
  2. Dapat menahan bocoran (bahaya piping),
  3. Elevasi punggung bendung harus memenuhi syarat kebutuhan pengairan daerah yang dilayani,
  4. Muka air bendung serendah mungkin,
  5. Biaya pembuatan dan pembuatan semurah mungkin,
  6. Bentuk peluap harus sedemikian rupa sehingga batu dan pasir dapat dijatuhkan pada dasar sungai hilir dengan tidak merusak konstruksi.

D. Macam-Macam Bendung Berdasarkan Lokasi
Berdasarkan lokasinya, bendung dapat dibagi menjadi:
1.   Bendung pada sungai
Bendung pada sungai dipilih pada bagian sungai yang lurus.
2.   Bendung pada Caupure
bendung pada caupure dibangun jika dijumpai bagian sungai yang membelok tajam dan kembali lagi.

E. Hal-Hal Yang Dapat Merusak Bendung Dan Cara Mengatasinya
  1. Piping
Adalah bocoran melalui bawah struktur dengan kecepatan yang cukup besar, sehingga berpotensi membawa partikel-partikel tanah. Kerusakan yang terjadi yaitu keroposnya tanah dibawah struktur yang akan mengakibatkan struktur pecah atau hancur.

Usaha untuk menghindar yaitu dengan memperkecil kecepatan aliran piping yang dapat dilakukan dengan cara:
a.       Pembuatan lantai muka
b.      Pembuatan turap
2.      Rusaknya lantai rendah
Diakibatkan karena salahnya hitungan atau asumsi. Lantai bisa rusak karena ada turbulensi/olakan (kolk) oleh aliran. Hal ini dapat diatasi dengan hitungan hidrolika yang benar.
3.      Pecahnya badan bendung
Yaitu akibat tekanan tarik karena kekeliruan dalam desain disebabkan karena resultan gaya yang bekerja terletak diluar teras. Hal ini dapat diatasi dengan dimensi atau bentuk akibat gaya-gaya yang bekerja pada teras.
4.      Gerusan pasir / lumpur pada bendung
Untuk mengatasinya diperlukan kekuatan beton yang cukup kuat untuk menahan gerusan air dengan ketebalan tertentu (± 30 cm).
  1. Stabilitas
Gangguan stabilitas disebabkan tekanan air yang terlalu besar, untuk itu tekanan air perlu diperkecil dengan cara memecah energi air dimuka bendung.

3 komentar:

  1. makasi ya postingannya... :)
    berguna buat mata kuliahq ni...

    BalasHapus
  2. If you're looking to lose fat then you certainly have to start using this brand new personalized keto meal plan diet.

    To produce this service, licensed nutritionists, fitness couches, and top chefs joined together to develop keto meal plans that are useful, painless, price-efficient, and delicious.

    From their launch in January 2019, 1000's of individuals have already completely transformed their body and well-being with the benefits a proper keto meal plan diet can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan diet.

    BalasHapus